Alamat: Jl. Talang Tembaga No. 41 Kelurahan Lemah Abang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat -Indonesia

Cari di sini

Rabu, 23 Desember 2009

Sejarah Yayasan AL-Hidayah

Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Syekh Siti Jenar Indramayu berdiri pada tanggal 20 Mei 1983 atas prakarsa Bapak Drs. Rahmat Warmin, M.Ag. Ketika itu, beliau merasa terpanggil hatinya untuk mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Syekh Siti Jenar Indramayu tersebut, karena banyaknya murid – murid sekolah dasar (SD) , Madrasah Ibtidaiyah (MI), Selolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), dan Madrasah Aliyah (MA) yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya disebabkan faktor ekonomi dari siswa tersebut benar-benar tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Melihat fenomena di atas, maka menuntutnya untuk mendirikan Yayasan Pendidikan Islam sehingga murid dapat melanjutkan pendidikan dan yang terpenting adalah mengurangi anak putus sekolah, sebab anak adalah aset bangsa yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan dimasa yang akan datang.

Perkembangan yang begitu pesat dari tahun 1983 sampai Sekarang ini menandakan sekolah tersebut benar-benar dibutuhkan sebab lokasi yang tidak jauh dan adanya keseimbangan antara kemauan siswa dan minat orang tua untuk menyekolahkan serta peran aparat pemerintah di desa tersebut yang peduli terhadap pendidikan.

Tahun 2003 Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Syekh Siti Jenar Indramayu mengembangkan bangunan baru di Jalan Tembaga Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, dikarenakan gedung yang awalnya berada di kawasan kelurahan Lemahmekar akan digunakan Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah sehingga lokasi gedung dipindah ke jalan Tembaga Kelurahan Lemahabang Kecamatan Indramayu dengan luas tanah 7.200 m2 bersertifikat sedangkan tanah yang belum dibangun sekitar 5.000 m2. Bangunan tersebut yang terdiri dari :

  1. Ruang Guru,
  2. Perpustakaan,
  3. Ruang Kelas,
  4. Mushola.

Pembangunan tersebut dibiayai dari yayasan serta dukungan warga masyarakat sekitar kampus Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Syekh Siti Jenar Indramayu tersebut .

Lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam ini berdasarkan kebutuhan pendidikan yang baik yaitu terdiri dari:

  1. TK Al-Hidayah,
  2. MD Al-Hidayah,
  3. Mts Al-Hidayah,
  4. MA Al-Hidayah,
  5. dan yang akan berdiri Sekolah Tinggi Agama Islam Indramayu (STAI-IN).

Pesatnya kemajuan pendidikan tersebut tidak lepas dari dorongan dan kepercayaan masyarakat yang begitu besar dalam mempercayakan anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak agar kelak berguna bagi agama, negara, dan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar